in

Manfaat Kapulaga dan Efek Sampingnya

Manfaat Kapulaga

Nah pada kesempatan ini Pasoyin.com akan membahas artikel mengenai manfaat kapulaga secara lengkap, efek samping dan cara pengolahannya. Mungkin sebagian dari anda yang membaca artikel ini sudah mengetahui apa itu kapulaga. Jenis rempah ini memang cukup populer di Indonesia karena adanya beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan dan kecantikan.


Penjelasan Mengenai Kapulaga

Manfaat Kapulaga dan Cara Pengolahannya

Kapulaga memang termasuk ke dalam jenis rempah yang memang dihasilkan dari biji beberapa tanaman Genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (Keluarga Sejenis Jahe). Tanaman ini memang berasal dari daerah pada negara Bangladesh, India dan Indonesia yang memang memiliki tipe tanah dan kadar air yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman ini.

Kapulaga ini memang sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat di Indonesia untuk kebutuhan sebagai tambahan dari bumbu masakan serta pembuatan jamu dan obat herbal. Tanaman ini memang sangat mudah untuk dikenali mulai dari biji polongnya yang memang kecil, penampang irisan segitiga serta berbentuk gelendong kumparan. Kulit pada biji kapulaga ini juga termasuk tipis dan berwarna hitam dan kecoklatan.

Tanaman rempah ini juga memang sering dimanfaatkan untuk obat herbal yang memang dapat mengobati berbagai macam penyakit karena terdapat beberapa kandungan senyawa baiknya. Berikut ini beberapa kandungan yang memang terdapat pada kapulaga.

Beberapa Kandungan Nutrisi dan Senyawa Aktif pada Kapulaga:

  • Energi
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Kolesterol
  • Serat
  • Niacin
  • Pyridoxine
  • Riboflavin
  • Thiamin
  • Vitamin A dan C
  • Sodium
  • Potassium
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Manganese
  • Phosporus
  • Seng

Cukup banyak memang kadungan nutrisi yang memang terdapat pada rempah ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh dan obat dari berbagai macam penyakit.


Beberapa Khasiat dan Manfaat Kapulaga

Terdapatnya beberapa kandungan nutrisi dan senyawa aktif pada biji kapulaga memang sangat baik untuk kesehatan serta pengobatan berbagai macam penyakit.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat kapulaga:

  1. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

    Adanya kandungan anti karsinogenik yang memang terdapat pada rempah ini memang dapat digunakan sebagai pencegah dari penyakit kanker. Kanker memang menjadi salah satu penyebab kematian terbesar pada seluruh daerah di dunia.

  2. Menjaga Kesehatan Jantung

    Ada sebuah penelitian mengenai manfaat kapulaga yaitu dapat menjaga kesehatan jantung serta mengatasi masalah yang terdapat pada jantung karena adanya senyawa aktif pada rempah ini.

  3. Mengatur Kadar Kolesterol pada Tubuh

    Kandungan mikronutrien yang memang ditemukan pada biji kapulaga memang dipercayai akan membantu mengatasi lonjakan lipid pada tubuh.

  4. Mengatasi Masalah Depresi

    Minyak esensial yang memang terdapat pada rempah ini tentu sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah depresi.

  5. Mengobati Gangguan Kemih

    Khasiat atau manfaat berikutnya dari kapulaga untuk kesehatan yaitu dapat membantu mengatasi gangguan pada saluran kemih dan infeksi. Misanya seperti sistitis, nefritis dan gonore.

  6. Antri Mikroba atau Mencegah Infeksi

    Antimikroba yang memang terdapat pada biji rempah ini memang akan berguna untuk menghambat pertumbuhan serta penyebaran mikroba yang dapat mengakibatkan infeksi atau keracunan.

  7. Mengatasi dan Mengobati Masalah Kejang Otot

    Masalah kejang otot memang umunya sering terjadi pada orang-orang yang memang sudah lanjut usia karena dipicu terjadinya kontraksi pada otot secara tiba-tiba. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kapulaga ternyata juga dapat mengatasi dan mengobati masalah kejang otot.

  8. Meredakan dan Mengobati Sakit Gigi

    Bagi anda yang memang mengalami bahkan sering mengalami masalah sakit gigi, anda mungkin perlu memanfaatkan biji kapulaga untuk mengobatinya.

  9. Mengobati Asma

    Ada sebuah penelitian yang mengemukakan pendapatnya bahwa ekstrak mentah yang ada pada biji kapulaga akan sangat efektif untuk membuka penyempitan saluran udara pada paru-paru.

  10. Membantu Mengatasi Masalah Nyeri Sendi

    Sifat anti inflamasi dan anti karsiogenik yang memang terdapat pada rempah-rempah ini memang dikenal dapat mengobati dan mengatasi masalah rasa nyeri pada persendian.

  11. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah pada Tubuh

    Kandungan minyak astiri yang memang terdapat pada kapulaga memang terkenal efektif untuk melancarkan sirkulasi atau peredaran darah pada tubuh.

  12. Meningkatkan Gairah Seksual dan Mengatasi Masalah Impotensi

    Silahkan anda coba sendiri untuk mengkonsumsi rempah ini untuk tujuan meningkatkan gairah seksual dan mengatasi masalah impotensi serta ejakulasi dini.

  13. Mencegah Masalah Osteoporosis

    Kandungan Vitamin C dan Kalsium pada rempah ini memang sangat efektif untuk mencegah munculnya masalah Osteoporosis atau penyakit tulang lainnya.

  14. Mengobati Flu dan Batuk

    Kapulaga juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati gejala flu dan batuk yang memang sangat mengganggu. Kandungan rasa pedas yang terdapat pada kapulaga memang akan mengencerkan dahak serta mengurangi penyumbatan saluran pernafasan akibat lendir.

  15. Menjaga Kesehatan Rambut

    Manfaat kapulaga juga memang dapat menjaga kesehatan rambut karena terdapatnya kandungan senyawa untuk menghilangkan racun pada rambut.

Cukup banyak memang manfaat kapulaga untuk dijadikan sebagai obat tradisional yang alami untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan.


Beberapa Efek Samping Penggunaan dan Mengkonsumsi Kapulaga

Ada beberapa efek samping atau bahaya yang akan timbul apabila anda mengkonsumsi kapulaga melebihi batas aturannya. Berikut ini beberapa efek samping kapulaga untuk kesehatan:

  1. Memicu Alergi

    Apabila anda mengkonsumsi rempah ini dalam jangka waktu lama serta dalam jumlah yang besar memang akan memicu reaksi alergi. Misalnya alergi pada kulit yang mengalami rasa gatal dan gangguan pernafasan setelah mengkonsumsinya.

  2. Komplikasi Batu Empedu

    Ada beberapa studi penelitian mengenai efek samping atau akibat mengkonsumsi kapulaga secara berlebihan yaitu sistem pencernaan tubuh akan gagal dalam proses penyerapan kandungan pada rempah ini secara lengkap.

    Hal ini tentu akan mengakibatkan sedimentasi yang terjadi di dalam tubuh dan akan menyebabkan infeksi serta pendarahan pada pasien batu empedu.

  3. Interaksi Obat

    Beberapa jenis obat tentu dapat berinteraksi buruk dengan kandungan yang terdapat pada kapulaga. Hindarilah mengkonsumsi kapulaga apabila anda sudah mengkonsumsi obat-obatan misanya seperti obat HIV, Aspirin dan lainnya.

Anda tidak perlu khawatir akan bahaya dan efek samping dari mengkomsumsi rempah atau kapulaga ini. Masalah ini tentu akan muncul apabila anda mengkonsumsi dengan melebihi batas aturan pakainya.


Beberapa Cara Pengolahan Kapulaga

Untuk cara mengolah kapulaga memang tergolong sangat mudah untuk anda praktikan sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara pengolahan kapulaga yang baik dan benar:

  • Obat Sakit Gigi dan Penghilang Bau Mulut

    Haluskanlah ±segenggam daun pegangan dan 10 butir kapulaga kering dan secangkir air. Minumlah ramuan tersebut sekali pada waktu pagi hari dalam jangka waktu seminggu dengan takaran seperempat cangkir saja.

  • Obat Mulas dan Kembung

    Sangrailah ±10 butir kapulaga bersama dengan 13 butir biji jati belanda. Seduhkalah air panas seperti layaknya anda membuat teh. Minumlah ramuan tersebut ±100 ml sekali dalam sehari hingga terasi masalah mulas dan kembungnya.

Silahkan anda lakukan cara di atas sesuai dengan teliti sesuai aturan batas konsumsinya untuk menghindari terkena dampak negatif dari kapulaga.


Demikian artikel yang membahas semua hal mengenai khasiat atau manfaat kapulaga, efek sampingnya dan cara pengolahannya. Sebarkan artikel ini untuk memberi tahukan kepada orang terdekat atau teman anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *